Rabu, 31 Maret 2010

Aku Bangga Menjadi Seorang Muslim

Aku seorang Muslim
Kamu pasti bisa melihatnya
Yuk, aku ceritakan tentang diriku
Aku beribadah kepada Allah
Dan berdoa hanya kepada Allah
Berdoa kepada selain Allah
Itu adalah dosa yang paling besar
Aku mencintai Nabi-Nabi Allah
Dan Rasul-Rasul-Nya
Semoga Allah mencurahkan

Shalawat dan salam kepada mereka semuanya
Hari-hariku selalu menyenangkan
Aku ruku’ dalam shalat
Setiap hari aku shalat
Lima kali sehari kepada Allah
Subuh yang paling awal
Kemudian Dzuhur di tengah hari
Lalu Ashar di sore hari,
Magrib setelah matahari terbenam
Dan Isya yang paling terakhir

Anak laki-laki ikut ayah shalat berjama’ah di masjid
Sedangkan anak perempuan, shalat bersama ibu di rumah.
Kamu juga kan..?

Aku selalu mengingat Allah
Sepanjang hari
Dalam setiap hal yang aku kerjakan
Dan setiap hal yang aku katakan
Dalam setiap keadaan
Ada petunjuk yang harus dilakukan
Petunjuk itu dari Al-Qur’an
dan Suunah

Kalian tahu tidak, petunjuk itu apa?
Jika memakai kaus kaki atau sepatu
Aku mendahulukan kaki kananku
Ketika melepasnya

Kudahulukan kaki kiriku
Jika aku berpakaian
Aku mengenakan pakaian tertutup
Agar kelihatan sebagai seorang Muslim
Kamu juga melihatnya kan
Dan jika aku bertemu

Dengan teman Muslim lainnya
Aku tidak memanggil mereka dengan “Hai!”
Itu bukan cara seorang Muslim
Aku akan berkata kepada mereka setiap kali
bertemu

“Assalamu‘alaikum
Itulah cara terbaik untuk menyapa sesama
Muslim

Dan kalau mereka mengucapkan salam terlebih dahulu
Aku menjawab dengan “Wa’alaikumsalam”

Atau menjawab dengan yang lebih lengkap:
“Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh”

Untuk setiap anugerah dari Allah
Aku berterima kasih kepada-Nya
Dengan mengucapkan
“Alhamdulillah”

Dan jika ada sesuatu
Yang akan kukerjakan nanti
Aku akan berkata “Insya Allah”
Kamu juga kan..??

Ketika akan keluar rumah
Kuucapkan salam kepada keluargaku.
Lalu di depan pintu aku berdo’a: “
Bismillahi tawaqaltu ala Allah Laa haula wala quwwata illa billah”


Agar Allah melindungiku
Dan jika aku kembali, aku
mengucapkan doa pula
“Bismillahi wa lajnaa, wa bismillahi kharajna,
wa ‘ala rabbana tawakkalna.”


Kemudian memberi salam, lalu masuk ke
dalam rumah
Ketika aku makan
Aku akan perlihatkan kepadamu
Bahwa aku seorang Muslim
Dan makan dengan cara Muslim
Sebelum makan, aku mengucapkan

“Bismillah”
Lalu aku makan dengan tangan
kananku
Aku tidak menyisakan makanan pemberian Allah
Aku makan secukupnya
Jangan sampai terlalu kenyang
Nanti jadi tidak bisa bergerak
Dan membuat tubuh menjadi malas
Aku tidak pernah minum sambil berdiri

Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarangnya:
Sebagai seorang Muslim, aku harus taat kepada Rasulullah.
Kamu juga kan…?

Aku selalu berusaha berbuat baik
Membantu yang kesusahan,
Dan sayang kepada saudara Muslim
Karena aku tahu, Allah juga akan menyayangiku
Jika hendak masuk ke kamar kecil
Aku berdo’a di depan pintu:

“Allahumma a’udzubika minal khubutsi wal khaba’its
Lalu masuk dengan kaki kiri lebih dahulu
Aku membersihkan kotoran dengan tangan kiri
Setelah selesai, aku keluar
Dengan kaki kanan lebih dahulu
Lalu mengucapkan doa:


“Ghufraanaka”

Nah, malam telah tiba, waktunya aku harus tidur
Sebelum tidur aku membaca

“Bismika Allahumma amuutu wa ahya”
Lalu berbaring menghadap ke kanan
Dan ketika bangun esok harinya
Aku membaca:


Alhamdulillahi ladzi ahyaana ba’da maa amaatana
Wailaihin nusyur
Beginilah seharusnya adab seorang Muslim
Alhamdulillah, Aku bangga menjadi Anak Muslim!
Kamu juga kan…?

Sumber: Islam4Kids.com dengan beberapa penyesuaian.

Dialihbahasakan oleh:
Ummu Abdullah

Desain Sampul:
Ummu Zaidaan

Edisi Revisi ke II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar