Selasa, 12 Mei 2009

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Cerita dari seorang sahabat, ketika dia tidak berhasil dan gagal dalam melakukan sesuatu cita-cita tujuan untuk menjadi sukses, sahabat saya tidak menyalahkan orang lain, tetapi yang terjadi dia menyalahkan diri sendiri.

Menyalahkan diri sendiri bahwa dirinya merasa tidak mampu. Ini berbeda dengan Mengakui Kesalahan. Kalau mengakui kesalahan adalah karena kita jujur, dan kita bersifat ksatria mengakui bahwa kita salah dan kita akan mencari jalan keluar untuk kesalahan yang kita buat.
Sedangkan Menyalahkan diri sendiri karena suatu kegagalan adalah hal yang bermakna kurang baik atau negative, menyalahkan diri sendiri cenderung mengganggap diri ini kurang mampu, kurang cakap, atau merasa diri bersalah.

Sifat menyalahkan diri sendiri, membuat kita tenggalam dalam ketidak percayaan diri, dan membuat kita cenderung pesimistis atas kemampuan yang kita miliki, hal ini tidak baik untuk kemajuan kita dan perkembangan diri kita.

Karena bila kita gagal, atau salah kita seharusnya mencari tau factor kegagalan yang membuat kita gagal, bila memang factor ke tidak mampuan diri sendiri, seharusnya hal ini menjadi factor semangat kita untuk dapat memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan kita, tidak membuat kita tenggalam menyalahkan diri sendiri.
Sikap menyalahakan diri sendiri kadang membuat kita merasa inferior, kita tidak punya kemampuan. Kita sering membandingkan keberhasilan orang lain dengan kekurangan kita, sehingga keberhasilan orang lain dianggap Wajar karena mereka punya sesuatu lebih yang kita tidak punya.

Sikap menyalahkan diri sendiri membuat kita tidak bisa bersaing, tidak mempunyai nilai lebih, percaya deh di dalam diri kita tersimpan kekuatan yang tidak diliki orang lain, dan kita pun memilik kekurangan. Jangan tonjolkan kekurangan kita, tunjukan kelebihan bakat yang kita miliki.

Intropesksi diri gali kemampuan kita, diskusi dengan sahabat, orang tua, rekan tentang kelebihan kita, tonjolkan kemampuan kita, seorang sahabat dalam suatu kantor saya yang dulu dianggap kurang mampu dalam bekerja dalam bidang A, ketika dia pindah kantor dia bisa mendapat jabatan jauh lebih baik pada bidang yang berbeda.

Keberanian kita untuk mengambil keputusan berubah adalah yang terpenting, jangan hanya terpaku dallam kekurangan diri, mari kita cari kelebihan diri kita, dan jangan pernah menyalahkan diri kita pada ketidak mampuan kita. Karena hanya akan membuat kita tenggelam dalam ketidak berdayaan, sadari dan rubah cara pandang, dan pola hidup maka anda akan menjadi lebih baik dalam mencapai cita-cita dan kesuksesan akan menghampiri anda.
" yakin lah anda mempunyai kelebihan pada suatu bidang, cari dan temukan keunggulan anda maka anda akan menjadi sukses "

" Jangan pernah menyalahkan diri sendiri, karena kesalahan di sebabkan banyak factor, cari, temukan dan perbaiki kesalahan maka akan jadi pengalaman yang berharga"

Erwin Arianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar