Kamis, 19 Maret 2009

BERAMAL PERLU ILMU


Kita menghabiskan waktu 12 tahun belajar dari bangku SD hingga SMA agar sukses hidup di dunia. Tapi sedikit dari kita yang menghabiskan waktu untuk belajar ilmu agama agar sukses hidup di akhirat nanti.

Padahal akhirat itu lebih baik dari dunia. Kenapa? Pertama akhirat itu lebih kekal. Berlangsung trilyunan tahun bahkan lebih. Sementara hidup di dunia paling hanya 100 tahun saja. Kemudian kalau di dunia itu paling kita punya tanah dan rumah seluas 1.000 meter per segi, di akhirat itu luasnya seluas bumi dan langit! Belum lagi berbagai fasilitas seperti makanan dan minuman yang jauh lebih baik dari di dunia.

Oleh karena itu rugilah orang yang hanya belajar ilmu dunia tanpa berusaha mempelajari ilmu akhirat. Mereka malas belajar ilmu agama seolah-olah yakin pasti masuk surga. Padahal Nabi berkata begitu sedikit orang yang masuk surga seperti jumlah bulu putih pada sapi hitam atau bulu hitam pada sapi putih [HR Bukhari].

Seandainya kita sukses hidup di dunia pun misalnya punya tanah ratusan hektar, ratusan mobil mewah, puluhan rumah megah, saat mati saja sudah tidak berguna. Apalagi di akhirat nanti.

"Harta benda dan anak-anak mereka tiada berguna sedikitpun (untuk menolong) mereka dari azab Allah. Mereka itulah penghuni neraka, dan mereka kekal di dalamnya." [Al Mujaadilah:17]

Di akhirat orang yang sengsara akan hidup susah meski di dunia mereka hidup enak. Jangankan makan, minum ala kadarnya saja tidak dapat.

"Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir." Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek." [Al Kahfi:29]

Oleh karena itu semoga kita bisa mempelajari ilmu agama kemudian mengamalkannya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar