Kamis, 05 Maret 2009

Profil Kota Prabumulih


Kota Prabumulih merupakan kota kelahiranku, dan saya dibesarkan dikota ini. Dibawah ini merupakan Profil kota Prabumulih  yang saya anggap perlu untuk dimasukan di blog saya ini.

Kota Prabumulih adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Sumatra Selatan. Ibu kotanya berada di Prabumulih. Kota ini secara geografis terletak antara 320 09,1 - 334 24,7 Lintang Selatan dan 104 07 50,4 - 104 19 41,6 Bujur Timur. Wilayah Kota Prabumulih di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim dan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim. Luas wilayah Kota Prabumulih 434,50 Km2 yang terbagi menjadi empat kecamatan.

Kota Prabumulih memang tidak lepas dari minyak bumi dan gas (migas). Kota yang berusia dua tahun, terhitung 17 Oktober 2001 sejak pisah dari Kabupaten Muara Enim, ini layak menjadi kota mandiri. Kedua hasil tambang itu menjadi andalan utama. Pertamina pun memusatkan kegiatan administrasi di kota ini. Sebab, Prabumulih menjadi salah satu daerah operasi Pertamina yang memiliki potensi migas cukup besar.
Melalui program pembangunan masyarakat, Pertamina membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sebagian besar hidup dari pertanian tanaman pangan, perkebunan, dan agrobisnis lainnya. Program ini memberi bantuan kesehatan, sosial, ekonomi, dan aspek lain. Bidang ekonomi menjadi prioritas, yang disalurkan lewat kredit permodalan bagi pengembangan usaha kecil dan koperasi.

Di sektor industri, Jenis industri makanan dan minuman yang berkembang umumnya rumahan seperti kerupuk, tempe, tahu, dodol nanas, sari buah mengkudu, dan jamur kuping. Bahan baku industri sebagian besar diperoleh dari Prabumulih. Pemasaran industri rumahan ini sebatas kabupaten tetangga hingga Provinsi Lampung. Nanas Prabumulih yang terkenal manis pemasarannya dalam bentuk segar sudah sampai ke Jawa. Selain Kabupaten Muara Enim dan Ogan Komering Ilir, Kota Prabumulih dikenal penghasil nanas Sumatera Selatan.

Selain minyak bumi, Kota prabumulih juga telah lama dikenal dengan produksi nanas, termasuk hasil olahannya. Nanas sebagai trade mark kota ini pula. Itu bisa dibuktikan di sepanjang tepi jalan lintas Sumatera yang melintasi kota ini banyak dijual buah-buah nanas yang sebagian berasal dari Prabumulih. Hasil nanas kota ini sebagian besar masih dalam bentuk buah segar. Untuk meningkatkan nilai tambah bagi petani, sedang dicoba membuat industri pengalengan buah nanas.









1 komentar:

  1. Blog yang bagus..semoga menjadi media informasi dan komunikasi bagi teman-teman di prabu khususnya dan indonesia umumnya..Amiin.

    www.tabula-adv.com
    http://tabula-adv.com/tag/outbound-indonesia/

    BalasHapus