Rabu, 11 November 2009

Soft Drink Dapat Merusak Tubuh

Soda, kola, soft drink, bagaimana pun kita menyebutnya, minuman-minuman ini adalah jenis cairan yang dapat merusakan kesehatan tubuh. Ingin tahu bagaimana minuman yang sering kita pesan saat nongkrong ini mencuri nutrisi penting dari tubuh?

Dr. Mao Tao, pemilik Tao of Wellness, menjelaskan soft drink atau minuman ringan kandungan vitaminnya sangat sedikit. Tapi kafein, karbonat, dan gulanya sangat tinggi. “Belum lagi, minuman ini menggunakan tambahan zat pewarna dan ekstrak rasa tertentu.” Tao juga bercerita, sudah banyak penelitian yang menyimpulkan konsumsi soft drink berlebihan bisa menimbulkan risiko obesitas dan diabetes. Khusus pada anak-anak, daftar risiko tersebut masih harus ditambahkan dengan kerusakan gigi.
Ketika gula berlebih masuk dalam tubuh, Tao menjelaskan, produksi insulin oleh pankreas pun akan meningkat. Dalam keadaan normal, insulin yang dikeluarkan pankreas akan mengantarkan gula ke dalam jaringan sel sebagai sumber energi. Tapi ketika jumlahnya berlebihan, insulin tidak mampu lagi melakukan fungsinya sehingga merusak sistem biologi tubuh, termasuk sistem imun.

“Ini yang kemudian membuat mereka dengan kadar gula dalam darah yang tinggi rentan terhadap berbagai penyakit.” Belum lagi gula yang berlebihan bisa berubah wujud menjadi lemak dalam tubuh yang memberi kita risiko tambahan, yaitu gangguan jantung dan kanker.

Tidak hanya itu, karbonat yang ada di dalam minuman ringan juga mengandung phosphoric acid yang kerjanya hanya memakan kalsium dalam darah. Padahal tubuh membutuhkan kalsium untuk menguatkan tulang-tulang kita. Dan dengan didampingi oleh kafein, kerja karbonat memakan kalsium semakin cepat. Jika stok kalsium kita semakin sedikit maka akan menggangung sistem saraf dan otak, karena keduanya membutuhkan kalsium agar dapat bekerja dengan maksimal.

Mulai sekarang, jauhilah minuman bersoda, kola, atau soft drink dan beralihlah kepada :

• Air putih. Jutaan sel dalam tubuh akan bekerja dengan baik ketika kita banyak minum air putih. Kalau ingin memberikan rasa pada air putih, masukkan daun mint atau madu ke dalam gelas kita. Setidaknya cara ini lebih sehat ketimbang minum soft drink.

• Teh. Mulai dari teh hitam, hijau, hingga oolong, kita akan menikmati manfaat antioksidan polifenol. Fungsi utama polifenol adalah menghancurkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

Sumber : Sripoku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar