Rabu, 21 Oktober 2009

Sarapan Kendalikan Nafsu Makan

Sebagian besar dari kita pasti sudah sering mendengar betapa sarapan dapat membantu kita mengendalikan nafsu makan. Tapi mengapa sepertinya sulit sekali untuk menikmati super food ini?

Para peneliti dari British Journal of Nutrition mengadakan penelitian terhadap 900 orang dewasa yang menu sarapannya mengandung lemak, protein, dan karbohidrat. Hasilnya, para relawan tetap kenyang sampai tengah hari, sehingga porsi makan siang mereka menjadi lebih sedikit.

Itu mengapa sarapan disebut sebagai super food, terlebih bagi kita yang tengah menjalani program penurunan berat badan. Karena itu, berusahalah untuk mencukupi kebutuhan kalori di pagi hari dengan menu bergizi tinggi.
Namun jika kita sering merasa tidak punya waktu menyiapkan sarapan, cobalah untuk menyiapkan bahan-bahannya di malam hari. Seporsi sereal misalnya, dengan sekotak susu tanpa lemak dan taburan buah-buahan, bisa jadi sarapan ringkas yang “menganjal” perut hingga jam makan siang tiba.

Dan khusus bagi yang tidak biasa sarapan terlalu pagi? Tidak perlu memaksakan diri. John de Castro, PhD, peneliti ilmu perilaku dan dekan College of Humanities and Social Sciences di Sam Houston State University, menjelaskan bahwa makan pada pukul 9, 10, atau 11 pagi juga masih bisa disebut sarapan. Sebab makanan pembuka hari akan tetap membantu kita mengendalikan nafsu makan di waktu makan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar