Jumat, 23 Oktober 2009

Berhenti Merokok Dengan Berkhayal

Banyak orang bilang, berhenti merokok adalah hal yang tidak mudah. Tapi bukan berarti tidak ada cara untuk keluar dari kebiasaan buruk ini. Cobalah dengan berkhayal.

Menghentikan kebiasaan merokok dengan berkhayal? Apa iya mujarab? “Sebenarnya, ada tindakan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan kegelisahan dari tubuh. Kita hanya perlu sedikit berimajinasi,” ungkap psikolog Roslina Verauli, M.Psi.

Maka di saat merasa begitu terdorong untuk merokok, sebaiknya kita bertanya pada diri sendiri apa yang membuat kita ingin merokok? Menurut Roslina, pemicu utama orang ingin merokok adalah karena kondisi yang tidak nyaman. Oleh karena itu, yang kita hayalkan suatu kondisi yang membuat kita merasa nyaman, agar kita tidak perlu merokok.

Caranya, Roslina coba mengajarkan kita, bayangkan kita tengah meniup balon. Saat balon ditiup, udara masuk perlahan ke rongga dada dan memberi rasa lega ke seluruh tubuh. “Lanjutkan dengan imajinasi tentang kepulan asap rokok yang justru menyesakkan. Dengan begitu, niat merokok urung terlaksana.” Kegiatan ini sebenarnya adalah melatih dan merangsang pikiran agar lebih sadar lagi mengendalikan persaan dengan tindakan. Yang ujungnya adalah tindakan dan pikiran positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar